Pemkot Miliki 50 Aplikasi Pelayanan Smart City

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:07:43


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Kota Jambi sudah memfokuskan diri menjadi Smart City. Pelayanan terhadap masyarakat mulai diberlakukan dengan sistem IT.

Hal tersebut guna mempermudah pelayanan dan meminimalisir tatap muka antara petugas dan masyarakat.

Kini Pemerintah Kota Jambi sudah mempunyai puluhan aplikasi, diantaranya aplikasi untuk perencanaan pembangunan Kota Jambi, aplikasi pelayanan, aplikasi pengaduan dan lainnya.

Nirwan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jambi mengatakan, saat ini total ada 50 aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota Jambi, namun dari 50 aplikasi tersebut ada 38 aplikasi yang aktif.

“Ada aplikasi Sikesal, e-Planning dan lainnya,” katanya.

Nirwan menyebutkan, saat ini aplikasi yang dimiliki pemkot tersebut masih terpencar, belum digabung dalam satu portal.

“Aplikasinya masih satu satu. Sekarang kita tengah menggrap portal android, nantinya semua aplikasi ada disitu,” imbuhnya.

Aplikasi yang dibuat pemerintah Kota Jambi sebut Nirwan, untuk mempermudah pelayanan dan menyerap aspirasi terhadap masayarakat.

“Aplikasi kita kan ada yang sifatnya untuk pelayanan, pengaduan dan informasi,” ujarnya.

Untuk penunjangan smart city di Kota Jambi kata Nirwan, kini tengah dibangun kabel fiber optik (fo) untuk memperudah jaringan.

“Tahun ini ada penambahan kabel FO 59 kilometer. FO tersebut nantinya terkoneksi ke semua OPD dan kecamatan dalam Kota Jambi,” kata Nirwan.

Pemasangan kabel Fo 59 kilo meter itu merupakan lanjutan pada tahun sebelumnya. Tahun lalu telah dipasang 26 kilomter kabel Fo.

“Tahun ini anggarannya di PU, kalau tidak salah Rp 3,5 M. Kalau tahun sebelumnya sekitar Rp 1 M, anggaran di PU juga. Tahun ini total panjang Fo kita 85 kilometer” pungkasnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori