Empat Kecamatan di Batanghari Rawan Karhutlah

Senin, 20 Mei 2019 - 17:08:58


/

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) diwilayah Kabupaten Batanghari.

“Penetapan status siaga ini hasil rapat yang dilakukan BPBD Batanghari bersama Pemerintah Provinsi Jambi,” kata Seketaris BPBD Batanghari, Samral Lubis, ketika ditemui wartawan Kemarin.

Dikatakanya, penetapan status siaga Karhutlah ini mengacu laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait perubahan iklim yang kini telah memasuki musim kemarau.

“Ini juga dilakukan sebagai upaya atau langkah dini dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan maupun lahan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sesuai hasil pemetaan untuk di Kabupaten Batanghari terdapat empat Kecamatan yang di anggap rawan Karhutlah. Empat Kecamatan diantaranya Bajubang, Batin XXIV, Pemayung dan Marosebo Ulu.

“Sebagai langkah awal pencegahan Karhutlah tersebut, tim terpadu Satgas Karhutlah Batanghari akan melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat maupun pihak perusahaan agar menghindari aktfitasi pembukaan lahan dengan cara di bakar,” tutupnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori