Partisipasi Pemilih di Jambi diperkirakan 75 Persen

Minggu, 21 April 2019 - 20:11:27 | dibaca: 125 kali


Gubernur Jambi Fachrori saat memantau TPS  pelaksanaan pemilu  2019 kemarin lalu.
Gubernur Jambi Fachrori saat memantau TPS pelaksanaan pemilu 2019 kemarin lalu. /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Kepala Badan Kesatuan, Pembangunan dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi, Asnawi mengatakan partisipasi masyarakat dalam memilih pada Pemilu 2019 diperkirakan lebih kurang 75 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Provinsi Jambi yang menggunakan hak pilihnya secara utuh.

Dalam pointer Gubernur Jambi yang disampaikan Kaban Kesbangpol pada video conference pemilu serentak 2019 bersama Menkopolhukam di ruang utama Kantor Gubernur Jambi, kemarin lalu juga disebutkan seluruh logistik pemilu telah berada pada tingkat TPS sesuai target yang telah ditentukan sebelumnya.

"Pemprov Jambi bersama unsur Forkopimda dengan pemerintah kabupaten/kota beserta Forkopimda kabupaten/kota dan penyelenggara pemilu telah berupaya menyukseskan seluruh tahapan pemilu 2019," kata Asnawi.

Selanjutnya Asnawi juga menyampaikan permasalahan pada saat pencoblosan di kabupaten/kota di Jambi.

Seperti di Kota Jambi sebanyak 24 TPS melakukan penundaan pemungutan suara dikarenakan lokasi TPS terendam banjir. Dan pemungutan suara dilakukan hari ini.

Di Sarolangun terjadi kekurangan surat suara terutama untuk suara DPRD Kabupaten Sarolangun dan ada surat suara yang nyasar ke Dapil lain dan bisa diatasi.

Kemudian di Kabupaten Tebo juga terjadi kekurangan surat suara di salah satu TPS dan terdapat kesalahan DPT di empat TPS dan bisa diatasi.

Di Kabupaten Merangin, TPS 10 Dusun Bangko menunda pemungutan suara karena surat suara DPD tidak ada. Kemudian petugas KPPS menelusuri beberapa TPS dan mendapatkan surat suara tersebut yang terindikasi pengiriman nyasar.

Selanjutnya di Kabupaten Muarojambi, juga terdapat dua TPS yang terkena banjir. Namun tidak mempengaruhi proses pemungutan suara dan partisipasi pemilih di TPS tersebut tinggi.

Secara umum kata Asnawi situasi dan kondisi Kamtibmas selama pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu 2019 di Jambi aman dan kondusif.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori