187 Personil Polresta Amankan Pemilu

Senin, 15 April 2019 - 20:45:24 | dibaca: 113 kali


Pelepasan Pendistribusian Surat Suara
Pelepasan Pendistribusian Surat Suara /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Wakil Walikota Jambi Maulana menghadiri apel pergeseran pengamanan pemilu tahun 2019 yang dipimpin oleh Kapolresta Kombes Pol Dover Christian, di Lapangan Hijau Mapolresta Jambi, dalam rangka pengamanan pemilu yang akan dilaksanakan tinggal dalam hitungan hari Senin(15/4).

Kapolresta Kombes Pol Dover Christian menyampaiakn bahwa Polresta Jambi menyiapkan 558 personel untuk mengamankan 1.961 TPS di Kota Jambi.

“Kami dari polri menyiapkan pengamanannya, untuk personel yang jaga di TPS kami menyiapkan 558 personel kemuadian dibantu oleh BKO Polda untuk Pam TPSnya sejumlah 203 personel,”ujarnya. 

Disampaikan Kapolresta Kombes Pol Dover Christian bahwa Selain itu juga Polresta Jambi menyiapkan 187 personel yang terdiri dari 109 personel Brimob, 78 personel BKO Polda, serta juga dibantu oleh TNI sebanyak 200 personel.

“Kami juga mensiagakan pasukan untuk mengcover bila sewaktu-waktu diperlukan ada kejadian-kejadian yang menonjol. Nanti kita droving ke wilayah-wilayah yang kita anggap bukanrawannya tapi untuk memudahkan mobilisasi personel bila ada kejadian sewaktu-waktu yang tidak terduga,” terangnya.

Dikatakan Dover bahwa untuk yang stanbay ini bergerak tidak perorangan seperti Pam TPS, tapi pergerakannya perkesatuan, perpleton dan perkompi untuk mengantisipasi peningkatan eskalasi.

“33 personel kita tempatkan di polsek Kota Baru, 33 personel di Jambi selatan, 33 personel di Polsek Danau Teluk dan 101 Personel kita siagakan di Mako Polresta Jambi, “ujarnya.

Maulana menyampaikan bahwa pengamanan tersebut menunjukan sinergitas antara pemerintah Kota Jambi, TNI, Polri ,seluruh komponen masyarakat, dan pihak pemnyelenggara seperti KPU dan Bawaslu.

“Oleh karena itu saya atas nama pemerintah Kota Jambi menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Jambi untuk datang pada hari Rabu tanggal 17 April ke TPS sesuai dengan surat pemberitahuannya masing-masing, TNI/Polri sudah menjamin keamanan di semua TPSsampai dengan peroses pemungutan suara selesai,”ujarnya.

Maulana juga mengatakan bahwa Dirinya yakin ASN Kota Jambi tetap bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

“Kami pemerintah Kota Jambi terus melakukan pemantauan untuk semua ASN netral dan tidak berpihak secara terbuka untuk mendukung salah satu calon. Tetapi seluruh ASN menggunakan hak sipilnya untuk menggunakan hak suara pada 17 April, jangan golput karena suara kita menentukan masa depan bangsa,”ujarnya.

Usai Apel Wakil Walikota Jambi langsung menuju Gudang Tanjung Lumut (Gudang Sharp) Kelurahan Eka Jaya untuk mengecek dan Pelepasan Logistik Perlengkapan Pemilu 2019.

Kemudian dilanjutkan Menghadiri Video Confrence tentang Kesiapan Pemilu 2019 di Ruang Data Bag.Ops Polresta Jambi.

Disampaikan oleh Ketua KPU Kota Jambi Yatno bahwa terdapat 4 gudang untuk menyimpan logistik pemilu, Gudang tanjung lumut sendiri menyimpan logistik untuk 3 kecamatan yaitu Alam Barajo, kota Baru dan pelayangan.

“Terdapat kekurangan 10 boks suarat suara untuk disetiap kecamatan dalam Kota Jambi namun akan segera dipenuhi, kita akan sortir lagi,”ujarnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori