Paripurna Bupati Sampaikan Nota Pengantar LKPj dan LKPD Tahun 2018

Senin, 08 April 2019 - 21:28:10


Bupati Memberikan Sambutan
Bupati Memberikan Sambutan /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Batanghari bersama Eksekutif sebelumnya.

DPRD Kabupaten Batanghari, akhirnya menyelenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tahun 2018 Senin (8/4)

Bersama penyampaian nota penjelasan LKPj, Bupati Syahirsah turut menyampaikan dokumen Laporan Keuangan Pemrintah Daerah (LKPD).

Dokumen ini juga menyangkut pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, mengingat LKD merupakan informasi tentang kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan mengelola keuangan daerah.

Dalam paripurnan itu, Bupati menjelaskan, gambaran umum keuangan daerah Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran Tahun 2018.

Kata dia, LKPJ ini disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 dan tahapan kedua dari Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Batang Hari Tahun 2016 - 2021. 

Bupati juga menyampaikan, secara umum pelaksanaan urusan pemerintahan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah menjadi Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dijalankan oleh seluruh OPD dimana capaian rata-rata realisasi fisik diatas 95 persen dan realisasasi keuangan diatas 90 persen.

“LKPJ yang akan saya sampaikan ini, merupakan penjelasan terhadap capaian Indikator Sasaran Daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021. Saya mengharapkan dari evaluasi yang sama-sama kita lakukan ini, akan menjadi bahan pertimbangan dan perbaikan di dalam penyusunan program dan kegiatan serta pelaksanaannya pada tahun mendatang,” Ungkap Syahirsah.

Bupati juga menyebutan, keberhasilan Pembangunan dibidang Infrastruktur Pelayanan Dasar dapat dilihat persentase Jalan dalam Kondisi Mantap yang ditergetkan pada tahun 2018 sebesar 24,95 persen dapat direalisasikan menjadi 26,98 persen atau capaian realisasi sebesar 108,14 persen.

“Pembangunan Reformasi Birokrasi Keberhasilan Pembangunan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Batanghari diukur oleh hal-hal sebagai berikut Nilai SAKIP Kabupaten Batanghari dari yang ditargetkan Tahun 2018 BB, Alhamdulilah dapat direalisasikan. Opini Kinerja Keuangan dari yang ditargetkan pada tahun 2018 WTP dapat direalisasikan,” terangnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori