60 Persen Penduduk Miskin di Jambi Belum Menikmati PKH

Rabu, 20 Maret 2019 - 20:30:10


Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Jambi Arif Munandar
Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Jambi Arif Munandar /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi program prioritas Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Sosial, belum sepenuhnya menyentuh warga kategori miskin di Provinsi Jambi.

Pemerintah Pusat mengalokasikan PKH untuk tahun 2019 bagi Provinsi Jambi, baru hanya untuk 105 ribu penerima manfaat dari 203 ribu jiwa warga miskin di Jambi.

Dari catatan Dinas Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi, jumlah penerima PKH tahun 2019 menurun dibanding tahun 2018 yang berjumlah 107 ribu penerima.

Arif Munandar, Kadis Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi mengatakan, pemberian bantuan PKH harus benar-benar tepat sasaran.

"Ya Alhamdulliah bantuan sosial PKH sangat membantu pemerintah daerah, karena kita daerah terkendala anggaran untuk membantu keluarga miskin, anak putus sekolah, dan lain-lain, " kata Arief.

Ia mengatakan masih 60 persen penduduk miskin di Jambi belum mendapat alokasi dana PKH.

Namun sebagian mendapat bantuan lainnya seperti beras sejahtera 132 ribu penerima, dan bantuan Kube Rp20 juta bagi penerima untuk modal usaha.

Arif juga menegaskan agar semua pihak, mulai dari RT, Lurah dan pihak Kecamatan dalam memberikan data penerima PKH agar tepat sasaran dan sesuai kriteria.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori