Dinsos Tetap Tingkatkan Pelayanan Terhadap Lansia

Minggu, 17 Februari 2019 - 20:18:08


Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar
Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil Provinsi Jambi, terus meningkatkan pelayanan terhadap lansia. Salah satunya dengan memperbaiki pelayanan di Panti Sosial Tresna Wredha Budi Luhur Jambi.

Panti Sosial khusus pelayanan lansia terlantar dan miskin yang ada di Pall 5 Kota Jambi tersebut kini menampung 72 lansia (lanjut usia) yang sebelumnya hanya berkapasitas hanya 70 lansia.

Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar mengatakan, saat ini jumlah lansia yang ada di panti berjumlah 72 yang seharusnya hanya 70 orang lansia.

Jumlah tersebut kata Arif, over kapasitas karena belum ada anggaran untuk rehab sarana dan prasarana panti. Namun, dalam hal itu pihaknya segera mengajukan bantuan ke pemerintah pusat.

Dalam penanganan lansia di panti kata Arif, Dinsos menugaskan sebanyak 21 orang dan bekerjasama dengan pihak puskesmas dan perguruan tinggi.

"Di sana petugas dari pegawai dinsos kita ada 14 orang dan melibatkan tenaga kontrak," ujarnya.

"Jadi, panti itu untuk melayani mereka bagaimana kita memberikan pelayanan dengan baik sehingga mereka menjadi nyaman," tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihaknya juga terus melakukan upaya pelayanan di luar panti dengan cara menerjunkan petugas langsung turun kelapangan.

"Kita juga memberikan pelayanan di luar panti seperti mendatangi kerumah - rumah lansia yang menderita sakit dikunjungi untuk melakukan pemeriksaan, dan memberikan bantuan dalam bentuk uang melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS)," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan bantuan berupa alat sesuai dengan kebutuhan lansia.

"Kita juga ada memberikan alat bantu terhadap lansia sesuai dengan kebutuhannya seperti kursi roda, tongkat dan lain sebagainya yang melalui LKS," jelasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori