Rp 600 Juta Untuk Uji Coba Karet Bahan Campuran Aspal

Rabu, 06 Februari 2019 - 21:03:33


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi M Fauzi
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi M Fauzi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pemerintah akan menfaatkan karet sebagai bahan campuran aspal untuk pembangunan jalan di daerah-daerah. Pambangunan jalan beraspal campuran karet khususnya di Provinsi Jambi saat masih tahap koordinasi disetiap leading sector baik di Dinas PU, Balitbangda, Bappeda, untuk menentukan lokasi dimana nanti akan dilakukan uji caba pengaspalan jalan menggunakan campuran karet tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi M Fauzi mengatakan, anggaran untuk uji caba pengaspalan jalan menggunakan campuran karet sekitar 600 juta, tapi lokasi belum tau kerena masih dalam koordinasi.

"Anggaran uji coba sudah kita siapkan, dengan Balai juga kita koordinasi kerena anggaran lebih besar. Sekarang ini hal yang baru dan peralatan khususnya kontraktor di jambi belum ada yang punya tentu ini yang kita lakukan koordinasi,"ucapnya.

Ia menjelaskan, uji caba nantinya tentu pilih tempat lalu lintas yang padat penduduk, sehingga tau hasil aspal bercampur karet tersebut.

"Wacana dikerjakan di dilalu lintas padat ,nantinya sebelah kiri lakukan dengan aspal ritmik, sebalah dengan aspal campuran karet, sehingga dapat kita bandingkan kualitas dari aspal tersebut dan hasilnya nampak,"jelasnya.

Penggunaan campuran karet alam ke dalam aspal ini telah disampaikan oleh Kementerian PUPR bahawa aspal ini memiliki keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain lebih lentur dan meningkatkan kualitas pengerasan aspal dalam hal usia dan ketahanan terhadap air.

Tujuan dari Karet untuk Campuran Aspal ini untuk menyerapkan produksi karet.Sehingga para petani karet khususnya di Provinsi Jambi dapat bertahan menanam karet.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori