AMDAL Pembangunan Jalur Kereta Api Bungo-Tebo Rampung

Selasa, 05 Februari 2019 - 20:59:50


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Setelah mendapat penilaian dari penilai Amdal pusat mengenai jalur kereta api di Jambi, satu bulan yang lalu dan mendapatkan catatan perbaikan dari tim pusat, kini perbaikan tersebut dinyatakan rampung.

Namun pengerjaan jalur kereta api untuk Bungo-Tebo belum dapat dilanjutkan, karena harus selesai tahapan Amdal Bungo-Jambi secara utuh.

Wing Gunaryadi, Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jambi selaku pemrakarsa jalur kereta api ini menyebutkan harus dilakukan satu tahapan AMDAL dari Bungo hingga ke Jambi sesuai permintaan pusat.

"Perbaikan revisi sudah, tetapi pihak konsultan lagi mengajukan amdal II nya dari tebo ke Jambi sesuai arahan ketua komisi Amdal pusat. Supaya pembahasannya jadi satu, tidak terpisah atau terpotong," katanya.

Wing menyebut, pihaknya akan melakukan percepatan guna memperoleh izin lingkungan dari Gubernur sebagai modal awal dibuatnya jalur rel kereta api pertama di Provinsi Jambi ini.

Tindak lanjutnya sendiri, Wing menyebut setelah selesai di revisi pihaknya akan kembali bertemu dengan tim penilai dari Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan.

“Nanti ada pertemuan lagi untuk bahas perbaikannnya, apa sudah lengkap atau ada yang kurang,” ujarnya.

Nantinya jika sudah di setujui tim penilai, tim dari kementerian ini juga yang langsung memberikan ke Gubernur Jambi. “Sebagai perekomendasi diterbitkan surat izin lingkungan,” katanya.

Nantinya, akan dipaparkan dampak rekayasa bila dilaksanakan pemasangan rel. Seperti untuk pemetaan lahan yang terkena dampak pembebasan lahan minimal 50 meter, agar tidak menimbulkan kebisingan setelah operasionalnya.

Sebelumnya pada 27 Desember 2018 lalu, telah dilakukan rapat penilaian Amdal oleh tim penilai pusat.

Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), telah disusun Dishub Provinsi untuk rute kereta api pertama di Provinsi Jambi.

Yakni Trase Bungo-Tebo yang masuk dalam kajian Amdal tahap satu Dishub Provinsi sepanjang 27 KM dari sepanjang 197 KM yang semula direncanakan melintasi Bungo hingga Jambi.

Untuk kabupaten yang dilalui oleh kereta api khusus barang ini, Wing menyebut beberapa kabupaten. Yakni Bungo, Tebo, Batanghari, Muarojambi hingga Kota Jambi.

Sementara untuk lintasannnya sendiri ada di Bungo, Tebo, Muara Tembesi, Muara Bulian, dan Kota Jambi.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori