Hasil Pemeriksaan APBD Provinsi Jambi Diharap Lebih Baik

Kamis, 31 Januari 2019 - 21:51:07 | dibaca: 152 kali


Sekda Provinsi Jambi, M Dianto
Sekda Provinsi Jambi, M Dianto /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Sekda Provinsi Jambi, M Dianto mengharapkan hasil pemeriksaan APBD Provinsi Jambi tahun 2018 lebih baik, dari hasil pemeriksaan tahun 2017. Harapan tersebut disampaikannya saat Rapat Ekspose Tim BPK RI Perwakilan Jambi, kemarin.

"Tim yang tergabung antara Inspektorat Provinsi Jambi dan BPK RI Perwakilan Jambi, akan melakukan pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 dan Pemeriksaan Bantuan Keuangan Partai Politik pada Pemerintah Provinsi Jambi," katanya.

Sebagai persiapan dalam menghadapi review bagi OPD Provinsi Jambi pada tahun 2019, BPK-RI Perwakilan Jambi melakukan serangkaian kegiatan yang menjadi tahapan pelaksanaan per review.

salah satunya menurut Sekda adalah dengan meningkatkan pemahaman terkait pelaksanaan kegiatan pada masing-masing OPD.

"Saya mengharapkan agar para OPD menyediakan Laporan Operasional (LO)-nya. Apabila BPK meminta salah satu OPD untuk menyediakan datanya, cukup melalui LO yang sudah disiapkan, agar pemeriksaan ini lancar," ungkap Dianto.

Sekda mengatakan, peningkatan kualitas LKPD pada 2018 merupakan upaya pemerintah daerah dalam memperbaiki kelemahan yang terjadi pada tahun 2017.

"Kalau hasil LKPD kita bagus, predikat WTP dapat dipertahankan. Mungkin ada kelemahan atau kesalahan tahun lalu. Untuk tahun mendatang jangan diulang lagi, mari kita sama-sama perbaiki kinerja agar pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai," ujarnya.

Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Kailani menjelaskan, fungsi Inspektorat Daerah adalah sebagai perencanaan program pengawasan, perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan, pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan, pemeriksaan serta pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pemerintah daerah.

"Inspektorat tugasnya melayani, mendampingi para OPD dalam mencarikan solusi terbaik, agar tidak ada temuan bagi OPD dalam melaksanakan APBD sesuai dengan aturan yang ada," ujarnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori