Regulasi F1 2019 Diharapkan Bisa Angkat Kompetisi Tim Menengah

Kamis, 31 Januari 2019 - 21:25:01


Sesi Balapan F1 Amerika Serikat
Sesi Balapan F1 Amerika Serikat /

Radarjambi.co.id - Formula 1 akan menerapkan regulasi baru musim 2019, terkait komponen aerodinamika. Menurut Renault, perubahan ini akan bisa membuat persaingan di baris depan lebih seimbang dan ketat.

Executive Director Renault F1 Team Marcin Budkowski mengatakan, regulasi baru bakal sangat berpengaruh besar kepada tim-tim atas seperti Mercedes, Ferrari dan Red Bull Racing. Ketiga tim itu, lanjut Marcin, telah membangun keunggulan terlalu besar dengan mobil lama mereka.

Secara teknis, regulasi baru mengatur tingkat downforce dikurangi, karena desain sayap depan dibuat sederhana. Menurut Budkowski, itu (regulasi) akan sangat membantu menciptakan kompetisi dan kepercayaan diri bagi tim yang pada musim lalu kurang kompetitif.

“Sulit untuk bilang apakah lebih signifikan untuk kami atau yang lain, tapi pendapat pribadi saya untuk ini adalah tim-tim lebih besar, tim terbaik, akan lebih kehilangan performa,” yakin Budkowski.

“Tapi mereka juga lebih siap untuk membalikkan keadaan, karena mereka memiliki struktur yang lebih besar dengan lebih banyak sumber daya,” sambung dia.

Perubahan teknis tersebut, diharapkan dapat membuat aksi slipstream dan menyalip lebih mudah, serta memberi tontonan lebih menarik.

Budkowski berharap kalau Renault yang tahun lalu meraih posisi keempat klasemen konstruktor akhir, akan dapat lebih kompetitif dan melawan Mercedes, Ferrari dan Red Bull. Tahun ini, Renault memiliki pembalap baru sebagai tandem Nico Hulkenberg, yaitu Daniel Ricciardo.

 

 

Sumber : Jpnn