Firza Andika Dipastikan Bisa Gabung Timnas di Piala AFF U-22

Senin, 28 Januari 2019 - 20:26:38


Firza Andika
Firza Andika /

Radarjambi.co.id - JAKARTA - Empat pemain Timnas Indonesia U-22 yang bermain di luar negeri hingga hari ini belum bisa bergabung dalam pemusatan latihan.

Yang terbaru adalah bek kiri timnas U-22 Firza Andhika yang baru saja dikontrak klub level kedua Liga Belgia AFC Tubize belum bisa bergabung.

Sebelum Firza, tiga rekan lainnya juga belum tiba di Indonesia. Mereka adalah, Egy Maulana Vikri yang membela klub Polandia Lechia Gdansk, Ezra Wallian berkostum klub Belanda RKC Waalwijk belum bergabung ke pemusatan latihan timnas dan Saddil Ramdani yang membela klub Malaysia Pahang FA.

Agen Firza, Khairul Asyraf mengatakan bahwa pendukung timnas U-22 tak perlu khawatir. Sebab, Firza diyakini tetap membela timnas U-22 pada Piala AFF U-22 2019 di Kamboja yang pembukannya pada 17 Februari.

Mereka sudah memikirkan terkait urgensi Firza bersama timnas. Itu sudah dikomunikasikan dengan manajemen AFC Tubize.

’Pasti ada kepentingan di klub dan juga timnas. Jadi, dari itu dia dapat keleluasaan, tapi juga akan berunding waktunya. Kalau pemusatan latihan terlalu lama akan kami bicarakan lagi,’’ terangnya.

Untungnya, Tubize mengerti terkait hal tersebut. Hanya, ada beberapa aspek yang menjadi syarat agar pemain kelahiran 11 Mei 199 itu bisa tetap membela Merah Putih di ajang yang bukan agenda FIFA.

’’Tidak hanya FIFA Matchday, AFF juga. SEA Games juga tidak masalah. Ini memang satu poin yang benar-benar kami bahas dengan Tubize. Buat klub Eropa memang susah lepas pemain untuk ikut FIFA Matchday. Tapi, beruntung mereka mengerti buat Firza dalam kontraknya,’’ tegasnya.

Firza sendiri baru akan bergabung dengan klub barunya itu setelah Piala AFF U-22 yang akan dilaksanakan pada 17-26 Februari 2019. Setelah itu, tenaganya masih dibutuhkan untuk kualifikasi Piala AFC U-23 yang bakal dimainkan di Vietnam pada 22-26 Maret.

Di sisi lain, Pelatih timnas U-22 Indra Sjafri menerangkan bangga Firza bisa bergabung bersama tim Eropa. Dia semakin yakin bahwa bakat-bakat Indonesia bisa berkembang pesat jika memang mendapat program latihan yang benar.

’’Ini kan memang yang jadi tujuan saya di timnas. Menyiapkan generasi yang bisa bermain di Eropa,’’ paparnya.

Mengenai jadwal, sejauh ini dirinya masih belum mengerti. Masih harus berkomunikasi lagi dengan AFC Tubize.

’’Belum ada jadwal yang saya terima. Saya menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI untuk itu,’’ ucapnya.

 

 

Sumber : Jpnn