Fachrori Tegaskan Komitmen Pemerintah Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 10 Januari 2019 - 14:33:45


Upacara HUT ke-62 Provinsi Jambi
Upacara HUT ke-62 Provinsi Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID,- Plt.Gubernur Jambi H Fachrori Umar, menyatakan komitmen pemerintah Provinsi Jambi untuk meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat. Pernyataan ini disampaikan saat upacara peringatan HUT Provinsi Jambi ke-62, Senin (7/1) yang mengambil tema Dengan Hut Ke- 62 Provinsi Jambi, Kita Pacu Investasi dan Pemantapan Pembangunan Infrastruktur Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas  Menuju Jambi TUNTAS 2021.

Hadir pada kesempatan tersebut Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD lingkup pemerintah Provinsi Jambi. Ditegaskan Fachrori bahwa tema tersebut  memiliki arti dan makna yang sangat strategis, dalam konteks mempertahan pertumbuhan ekonomi  yang berkualitas atau inklusif, dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif.

Ditemui usai upacara Plt menjelaskan bahwa pemerintatah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan meningkatkan pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Saya berharap Provinsi Jambi akan semakin maju, masyarakat menjadi hal utama bagi kami, dan saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama membangun Provinsi Jambi, bekerja dengan baik, ciptakan Jambi yang bersahabat, ramah, aman dan nyaman sehingga banyak yang berinvestasi di Provinsi Jambi. Bersama kita mciptakan iklim investasi  yang kondusif, membutuhkan sinergitas serta keterpaduan, antara program pemerintah pusat, dengan pemerintah provinsi serta dengan pemerintah kabupaten/kota.

Hal tersebut sering saya tekankan, mengingat dana pembangunan yang bersumber dari pemerintah, jumlahnya sangat terbatas. Untuk dibutuhkan uluran tangan dari  para investor, baik investor dalam negeri maupun investor luar negeri”ujar Plt.

Fachrori juga memaparkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang dipengaruhi perlamabtan ekonomi global.

“Jika kita mencermati catatan perjalanan pembangunan Provinsi Jambi sepanjang tahun 2018, kondisi perekonomian Provinsi Jambi masih dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi global. Sampai dengan Triwulan IV-2018 berdasarkan perhitungan Bank Indonesia Perwakilan Jambi,  ekonomi  Provinsi Jambi tumbuh sebesar 4,84-5,24 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi selama tahun 2018, tumbuh sebesar 4,59-4,99 persen.

Angka pertumbuhan ekonomi tersebut mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada tahun sebelumnya yang tercatat 4,64 persen. Sementara itu laju inflasi selama tahun 2018, dapat dikendalikan pada  angka 3,02 persen untuk Kota Jambi dan 2,46 persen Kabupaten Bungo.

Pada tahun 2019  berdasarkan prediksi Bank Indonesia kita harus mewaspadai beberapa potensi risiko yang dapat menyebabkan tekanan inflasi yang lebih tinggi yang diakibatkan antara lain oleh anomali cuaca yang dapat mengganggu hasil panen, dan kondisi infrastruktur yang dapat menghambat distribusi barang atau bahan makanan. Oleh karena itu, Tim Pengendalian Inflasi Provinsi Jambi, harus lebih intens lagi menjalin kerja sama dengan Tim Pengendalai Inflasi di Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi”jelasnya.

Untuk meningkatkan sektor pertanian Plt menghimbau kepada para Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, untuk meningkatkan produksi dan produktivitas lahan pertaniannya, dengan cara memanfaatkan lahan tidur yang ada,  serta menerapkan anjuran  teknologi pertanian yang tepat guna. Sehingga setiap daerah, dalam memenuhi kebutuhan pangannya, dapat mengurangi ketergantungannya, kepada daerah lain.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa struktur perekonomian Provinsi Jambi,  hingga saat ini hampir 30 persen, masih  bergantung pada  sektor pertanian, khususnya dari komoditi kelapa sawit dan komoditi karet. Sehingga tidak mengherankan jika geliat pertumbuhan ekonomi di daerah ini, sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga dari kedua komoditi unggulan tersebut. Kita  menyadari sepenuhnya bahwa untuk meningkatkan dan mempertahan harga dari komoditi karet dan kelapa sawit ini,  bukan suatu pekerjaan yang mudah. Mengingat kedua komoditi tersebut harganya tidak bisa diintervensi oleh pemerintah, melainkan ditentukan oleh kondisi di pasaran global dan pasaran internasional”ujarnya.

Sementara Sekda Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto, MSi dalam sesi wawancara  menjelaskan bahwa saat ini pemerintah akan melanjutkan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung .

“Pemerintah Provinsi Jambi sudah merencanakan tahun ini sampai tahun 2021 akan membangun pelabuhan Ujung Jabung yang merupakan outlet kemajuan Provinsi Jambi dan kalau ini dibangun dan dikawasan tersebut dibangun industri industri hilir dan hasil perkebunan hilirnya dari sawit, hilirnya dari karet kita berharap komoditi andalan akan terangkat dan ini akan menjadikan geliat ekonomi masyarakat Provinsi Jambi, dan dalam rangka HUT Jambi ini mohon dukungan doa masyarakat Jambi agar progress pembangunan Ujung Jabung ini dapat terlaksana dan dapat dibangun tepat waktu dan dapat bantuan dari pemeritnah pusat sehingga ada investor dari dalam dan  luar negeri dan kita berharap Jambi ke depan lebih makmur dan maju”ujar Sekda. 

Sumber : Humas Pemprov

Editor : Endang