Manfaat Daun Belimbing Wuluh (averrhoa bilimbing L) Sebagai Pengobatan Diabetes Mellitus

Kamis, 03 Januari 2019 - 21:04:00 | dibaca: 266 kali


HUDAL SURMAINI
HUDAL SURMAINI /

Daun belimbing wuluh (averrhoa bilimbi L) Atau disebut juga belimbing asam. Belimbing wuluh selain Mudah ditemukan dan murah harganya juga dikenal sebagai salah satu bumbu sekaligus penyedap masakan.

Hebatnya lagi, Buah yang terkenal dengan rasanya yang asam juga memiliki manfaat Sebagai obat alami, terutama dalam mengatasi diabetes mellitus. Kandungan di dalam daun belimbing wuluh yang paling berperan penting sebagai antioksidan dan antidiabetes.

Daun belimbing wuluh merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku dan dikembangbiakkan, serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, sri lanka, Myanmar.

Kandungan gizi dan mineral pada buah belimbing wuluh sangat banyak.

Bahkan nutrisi yang dikandungnya merupakan zat yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Belimbing wuluh juga mengandung berbagai zat non gizi dan mineral antara lain zat besi, kalsium, posfor, sulur, flavonoid, saponin, tannin, asam format dan glukosid.

berbagai zat tersebut lah yang dapat mengobati berbagai penyakit.

Belimbing wuluh telah banyak dimanfaatkan masyarakat.hal tersebut dikarnakan tumbuhan ini memiliki banyak kandungan senyawa zat aktif antara lain saponin dan flavonoid, saponin berfungsi sebagai anti hiperglikemik dengan cara mencegah pengambilan glukosa pada brush border di usus halus, sedangkan flavonoid merupakan inhibitor alfa-glukosidase yang berfungsi untuk menunda absorbs karbohidrat sehingga gukosa darah akan menurun.

Menurut Stefani Chandra membuktikan bahwa ekstra buah belimbing wuluh dapat menurunkan kadar glukosa darah yang diuji pada tikus wistar (rattus norvegicus) yang di induksi aloksan.

selain Itu penelitian lain yang serupa dilakukan oleh rikhana menunjukkan bahwa pemberian sari buah belimbing wuluh dengan dosis 2ml/200g BB dapat mempengaruhi kadar glukosa darah tikus yang mengalami hiperglikemia.

Dari penelitian pushparaj et al, diketehui bahwa ekstrak etanol buah dan daun belimbing wuluh dapat menurunkan glukosa darah pada tikus diabetes.

Diabetes Mellitus (DM) merupakan suatu sindrom penyakit metabolisme yang ditandai dengan adanya hiperglikemia akibat kekurangan insulin ataupun disebabkan karena terjadinya resistansi insulin dan bisa juga disebabkan oleh faktor pola hidup yang tidak teratur atau faktor keturunan.

Kadar gula normal yaitu harus dibawah 200mg/dl, apabila kadar gula darah lebih dari 240mg/dl, bisa dikatakan kadar gula darah anda sudah terlalu tinggi. Penyakit diabetes sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan cepat, kadar gula darah berlebih dapat merusak kerja organ tubuh yang lain sehingga dapat menimbulkan penyakit komplikasi.diabetes memang sulit disembuhkan namun bukan berarti tidak mungkin.

Tetapi kita dapat menstabilkan gula darah dengan bahan alami dengan meminum air rebusan belimbing wuluh.

Caranya, ambil 6 buah belimbing wuluh dan bersihkan. Haluskan buah tersebut dan rebus dengan segelas air. Jadikan hingga setengah gelas, segera saring dan didinginkan. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari hingga kadar gula darah kembali ke posisi normal.

Selain itu anda juga bisa mencegahnya dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori, hindari juga makann atau minuman yang terlalu manis, jaga berat badan agar tetap normal, hindari stress, olah raga yang teratur dan periksa kadar gula darah anda setiap hari.

 

Penulis : HUDAL SURMAINI
Prodi    : S1 ilmu gizi
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIM JAMBI