Fakta Tentang Dry Sampo yang Harus Anda Ketahui

Rabu, 31 Agustus 2016 - 14:27:56


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

TERTARIK menggunakan dry shampoo untuk membersihkan rambut yang kotor? Produk alternatif pengganti shampoo ini memang tengah digandrungi para wanita. Pasalnya dry shampoo praktis digunakan saat kita tak ada waktu untuk keramas.
Namun, sebelum mengganti sampo dengan dry shampoo sepenuhnya, Anda perlu mengetahui beberapa hal terkait dry shampoo.

1. Ini bukan benar-benar sampo.
Dengan kata lain, jangan menggunakan dry shampoo pada rambut basah atau mengharapkan hasil yang sama seperti saat menggunakan sampo biasa.
"Sampo basah menghilangkan kotoran dan puing-puing, seperti partikel kulit, minyak kulit kepala dan polusi lingkungan," kata ahli rambut dan bedah transplantasi, Dr. Nicole Rogers, seperti dilansir laman Today, Kamis (18/8).

"Istilah sampo kering membingungkan karena tidak ada hubungannya dengan membersihkan rambut dengan cara yang sama seperti sampo tradisional. Anda menambahkan formulasi bubuk kering yang menyerap minyak," kata Rogers.

2. Tanyakan apakah itu tepat untuk Anda.
Orang dengan kondisi kulit kepala tertentu, seperti psoriasis atau dermatitis seboroik mungkin tidak harus menggunakan sampo kering.
Ahli dermatologists menyarankan menggunakan produk seperti sampo keratolitik yang larut pada kulit kepala atau mungkin sampo steroid untuk mengurangi peradangan. Menerapkan lapisan lain apa pun di kulit kepala berarti berlawanan dengan nasihat profesional.

3. Memahami apa yang menyebabkan rambut rontok.
Rambut menipis Anda bisa memiliki penyebab lain, seperti telogen effluvium. Kondisi sementara ini biasanya disebabkan kondisi kesehatan tubuh, seperti stres fisiologis, misalnya melahirkan, anestesi atau diet radikal yang mengakibatkan penurunan berat badan yang cepat.

Atau, Anda bisa memiliki dermatitis, alergi kulit yang dihasilkan dari paparan wewangian tertentu atau pengawet yang digunakan dalam produk rambut.
Namun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda, karena berbagai bahan dalam banyak produk rambut bisa memicu reaksi yang berbeda.

4. Sampo kering bisa menjaga style rambut dalam satu atau dua hari.
Jika terobsesi dengan rambut terasa bersih, sampo kering akan memungkinkan Anda untuk menghindari cuci, blow dry dan meluruskan rambut sesering mungkin. (*)