Inilah Manfaat Madu untuk Kesehatan

Kamis, 14 Juli 2016 - 15:46:03 | dibaca: 770 kali


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

MADU adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga. Madu menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis.

Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga memberikan rasa manis pada gula.

Madu telah digunakan oleh manusia bahkan sebelum sebagian besar biji-bijian, kacang-kacangan dan tanaman mulai dibudidayakan.

"Komposisi madu membuat agen anti-septik dan anti-bakteri. Telah ditemukan untuk mencegah radang tenggorokan dan karenanya digunakan sebagai obat batuk. Madu juga bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi retensi air dalam tubuh," kata ahli gizi, Sandhya Gugnani, seperti dilansir laman India Times, Selasa (12/7).

Madu telah digunakan sebagai obat untuk sejumlah penyakit dan telah terbukti secara ilmiah benar-benar efektif dalam beberapa kasus:

1. Madu menginduksi tidur ketika dikonsumsi dengan susu hangat atau air.

2. Karena sifat anti-bakteri yang terkandung dalam madu, maka madu dikatakan efektif mengatasi luka bakar dan luka biasa.

3. Ahli Ayurvedic telah lama menganggap madu berguna dalam menjaga kesehatan lambung, membantu dalam pencernaan dan mencegah penyakit lambung. Madu juga mengurangi kelebihan asam klorida yang mencegah gejala seperti mual, muntah dan mulas.

4. Madu juga telah ditemukan membantu dalam penyakit mulut, mencegah penyakit gusi dan mencegah kerusakan gigi.

5. Madu yang dicampur bubuk fenugreek telah digunakan sebagai obat melawan ketombe.

Sumber: jpnn.com