Yummy..Kuah Palumara Cocok untuk Buka Puasa

Kamis, 16 Juni 2016 - 16:43:44 | dibaca: 845 kali


Kuah Ikan Saba Palumara. Foto: Ayul/pojokpitu/JPNN
Kuah Ikan Saba Palumara. Foto: Ayul/pojokpitu/JPNN /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Jelang berbuka puasa, mungkin Anda sedang bingung makanan apa yang harus disantap hari ini. Sesekali cobalah menu berbahan dasar ikan setelah menikmati takjil berbuka puasa. Kuah ikan Saba Palumara, khas Makassar bisa jadi salah satu pilihannya.

Kuah ikan Saba Palumara bisa Anda jumpa di sebuah hotel, Jalan Kranggan, Surabaya. Hendrik Surjono, chef  ikan kuah Palumara, mengaku ini menu andalannya.

“Karena rasa pedas yang kental bercampur asam manis dan miliki rasa yang khas, jadi banyak yang minat,” ujar Hendrik.

Bagi Anda yang tidak sempat membelinya langsung, mungkin saja bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah di lain hari. Cara memasak kuah ikan Saba Palumara cukup mudah. Pertama, siapkan ikan Saba segar kemudian iris menjadi tiga bagian. Bisa juga ikan jenis lain seperti Bandeng atau Kakap.

Kemudian, ikan direbus dengan kuah bumbu asam manis hingga mendidih . Bahannya, bumbu merica, air asam, garam, minyak untuk menumis. Setelah direbus sekitar 5-10 ikan diangkat lalu ditempatkan pada sebuah mangkuk bersama kuahnya, dan siap disajikan. Mudah kan?

Untuk menambah selera, kuah ikan Saba Palumara ditaburi irisan daun bawang. Di hotel itu, sajian kuliner khas Makasar  ini, selalu menjadi tujuan yang dicari orang Makasar, dan banyak juga penikmat dari Kota Surabaya. Dwi Lestari, salah satu penikmat kuliner ikan kuah Palumara bersama rekannya,  mengaku ketagihan dengan masakan khas Makasar ini.

“Selain rasa pedas, rasa asam manisnya juga membuat selera makan bertambah, apalagi jika dengan nasi panas,” imbuhnya.

Bahan dasar ikan Saba sengaja dipilih, karena jenis ini jarang ada di Indonesia. Biasanya orang Jepang yang gemar makan ikan Saba. Namun, bisa juga diganti ikan Bandeng atau Kakap sesuai selera penikmat kuliner.

Sumber: jpnn.com
Editor: Gustav