TIPS Cara Mengajarkan Anak-anak Berpuasa di Bulan Ramadan

Kamis, 16 Juni 2016 - 16:38:13 | dibaca: 1001 kali


Ilustrasi.
Ilustrasi. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Ramadhan, menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan anak-anak pentingnya menjalankan ibadah puasa. Namun, tak sedikit para orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajak anaknya berpuasa.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh orang tua?

"Kuncinya adalah anak-anak tidak dipaksa puasa dan itu (puasa) adalah sesuatu yang mereka lakukan dengan pilihan mereka sendiri," kata managing director dari Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding di Dubai, Nasif Kayed, seperti dilansir laman Alarabiya, Senin (13/6).

Tak memaksakan anak untuk berpuasa penting untuk menjaga pengalaman yang positif bagi mereka.

"Anda harus memberikan reaksi positif terhadap upaya anak-anak. Setiap jumlah puasa yang mereka lakukan sebelum mencapai pubertas, merupakan prestasi dan harus dihargai," ucap Kayed.

Namun, sebagai orang tua tentu merupakan hal yang sangat membanggakan ketika anak-anak mereka pertama kali memutuskan ingin berpuasa.

Kayed mengatakan, anak-anak harus didorong untuk mempertahankan tingkat energi dan hidrasi mereka. Sebaiknya anak-anak didorong mencoba berpuasa satu hari atau beberapa jam sebagai langkah awal.

Cara itu dirasa bagus untuk mempersiapkan mereka menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Sementara, Racha Adib, ahli nutrisi dan gaya hidup, mengatakan puasa bukanlah tugas yang mudah untuk anak-anak, karena tubuh mereka memerlukan lebih banyak energi dan cairan daripada orang dewasa.

"Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk menilai kesiapan anak berdasarkan status kesehatan, kebutuhan gizi, usia dan tingkat aktivitas," jelasnya.

Pastikan anak Anda makan berbagai makanan dari semua kelompok makanan selama jam non-puasa mereka. Seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu, daging dan kacang-kacangan serta lemak sehat.

Serta memvariasikan kelompok makanan bergizi itu untuk memastikan anak Anda mendapatkan berbagai nutrisi.

Sumber: jpnn.com
Editor: Gustav