Fasha Minta Ketua RT Jaga Aset di Lingkungan

Minggu, 22 Mei 2016 - 23:31:15


H Syarif Fasha
H Syarif Fasha /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Sebanyak 16 Ketua RT dan LAM di Kelurahan Sulanjana Kecamatan Jambi Timur dilantik, pelantikan tersebut langsung dihadiri oleh Walikota Jambi, H Syarif Fasha.

Fasha mengatakan, ketua RT harus bisa menjaga aset-aset dilingkungan masing-masing yang telah dibangun oleh pemerintah seperti jalan dilingkungannya, dan bagiamana peran ketua RT untuk menjaga jalan tersebut.

"Untuk ketua RT kiranya dapat menjadi motivasi dalam melaksanakan tugas-tugas mulia melayani masyarakat,"tambah Fasha.

Fasha juga berpesan, dengan pelantikan ketua RT dan Lembaga Adat Melayu jagalah tempat kelurahan masing-masing, dan dalam pelantikan juga sudah dideklarasi penolakan tentang radikalisme dan terorisme, tapi jangan sampai kita hanya deklarasikan saja tapi ada hal-hal terkait dengan itu, misalnya contoh tamu lebih dari 2 X 24 jam wajib lapor kepada ketua RT.

"Jadi itu harus dikembangkan atau dimunculkan kembali seperti itu supaya kita mengetahui tamu-tamu yang masuk di RT kita,"ujar Fasha.

Fasha juga menekankan kepada ketua RT dan Lembaga adat mengenai permasalahan mengenai kamtibmas dilingkungan RT masing-masing, selain daripada kamtibmas permasalahan kebersihan dan lain sebagainya.

Fasha juga menegaskan mengenai lembaga adat melayu, bahwa lembaga adat ini kedepan sudah dibesarkan, dan Pemkot ingin itu dimasing-masing kelurahan itu ada tim seloko nantinya.

"Ke depan nanti mungkin ada pernikahan-pernikahan di kota Jambi, meskipun menggunakan adat apapun di Kota Jambi, tapi paling tidak di dahului dengan seloko adat kita, itu rencana kami kedepan nantinya,"tegasnya.

Untuk membentengi lingkungan sendiri atas pengaruh diera globalisasi itu maka tadi peran lembaga adat kedepankan, memang untuk saat ini pengurus-pengurus lembaga adat sangat kurang sekali, dan dengan dilantiknya datuk-datuk yang menjadi lembaga adat di kelurahan masing-masing, bisa untuk menciptakan kader-kader untuk lembaga adat nantinya.

"Jadi kita bisa menangkal hal-hal negatif, termasuk juga kegiatan keagamaan, karena memang di kecamatan Jambi Timur lebih banyak etnis-etnis tionghuanya, dan mungkin itu yang akan kita kolaborasikan bersama warga disini,"kata Fasha.(advertorial)