Lagi, Walikota Jambi Raih Penghargaan Pembina K3

Kamis, 19 Mei 2016 - 00:02:32


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAKARTA- Upaya Walikota Jambi, H Syarif Fasha membudayakan sistim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan pekerja dan perusahaan di Kota Jambi membuahkan hasil. Keberhasilan dan apresiasi tersebut mengemuka saat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Hanif Dakhiri, secara langsung menyerahkan anugerah K3 Award terbaik nasional kepada Walikota Jambi di Jakarta, Rabu (18/5) malam.

Walikota Jambi sebagai Pembina K3 dinilai memiliki integritas serta prestasi dalam melakukan pembinaan serta membangun budaya keselamatan dan kesehatan kerja di Kota Jambi.

Bersama Walikota Jambi, turut pula Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli sebagai penerima K3 Award 2016 dan beberapa kepala daerah lainnya.

Kepada sejumlah wartawan, Walikota Jambi menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang ikut mendukung terlaksananya program keselamatan dan kesehatan kerja di Kota Jambi.

"Ini Apresiasi untuk semua termasuk Pekerja dan Pelaku Usaha yang telah menerapkan budaya K3. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Jambi, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Jambi yang telah menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Kota Jambi," ujarnya.

Fasha juga berharap agar penghargaan tersebut dapat dijadikan semangat dan motivasi bagi perusahaan dan seluruh tenaga kerja di Kota Jambi untuk tetap memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan saat bekerja, termasuk juga pembinaan dan pengawasan yang dilakukan jajaran Dinas Sosnaker Kota Jambi.

Sebagai Kepala Daerah Pembina K3, Fasha juga mengatakan Pemerintah Kota Jambi tegas terhadap hal-hal yang terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

"Ini menyangkut hak hidup pekerja. Kita tidak ingin ada warga Kota Jambi dieksploitasi saat bekerja di perusahaan manapun. Kita tidak ingin ada yang terluka bahkan sampai kehilangan nyawanya akibat adanya perusahaan atau pelaku sendiri yang mengabaikan keselamatan dalam bekerja," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi karena setiap tahunnya semakin banyak jumlah perusahaan yang menerapkan budaya K3 di Kota Jambi. Oleh karenanya, kata Fasha, Pemerintah Kota Jambi tetap terus berupaya menerapkan sistem budaya K3 sesuai dengan standar yang berlaku.

Fasha juga mengatakan dengan diterapkannya sistem K3 tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan produktifitas perusahaaan. Pasalnya dengan tidak adanya kendala dalam perusahaan akan memperlancar produksi perusahaan itu sendiri.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Kaspul mengatakan, penghargaan K3 Award ini adalah yang ketiga kalinya diterima Walikota Jambi dalam kapasitasnya sebagai pembina perusahaan di daerah.

"Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan Walikota Jambi sebagai pembina ketenagakerjaan di Kota Jambi," pungkasnya.

Anugerah K3 Award tahun 2016 yang berlangsung di Ruang Birawa Gedung Bidakara tersebut turut dihadiri 10 Gubernur dan 26 Wali Kota / Bupati penerima K3 Award se Indonesia.(advetorial)