Sasar Pemilih Pemula, KPU Ajak Siswa Tidak Golput

Senin, 26 Oktober 2015 - 23:16:53


Sosialisasi pemilih pemula yang dilaksanakan oleh KPU Kota Jambi.
Sosialisasi pemilih pemula yang dilaksanakan oleh KPU Kota Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi mulai menyasar pemilih pemula untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin mengatakan, pihaknya mengundang perwakilan OSIS tingkat SMA baik negeri maupun swasta untuk mendapatkan sosialisasi soal Pilgub. 

"Acara kali ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi. Ada 8 rangkaian, ini merupakan rangkaian pertama yang diawali dengan pemilih pemula," ucapnya dalam acara sosialisasi KPU Kota Jambi dengan pengurus OSIS se-Kota Jambi, Senin (26/10) kemarin di Aula Inspektorat Kota Jambi.

Wein mengatakan defenisi pemilih pemula adalah pemilih yang berusia 17 hingga 21 tahun yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang. Berdasarkan data Perludem (Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi) tahun 2015, 15 persen pemilih adalah pemilih pemula atau sekitar 50 juta dari seluruh pemilih. Namun di Kota Jambi sendiri, ada 10.226 pemilih pemula berdasarkan kategori 17 hingga 21 tahun. Atau sekitar 2,5 persen dari total pemilih.

Lanjutnya, pemilih pemula memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Karena kelompok ini belum pernah menggunakan hak pilihnya. Sehingga ada kerentanan. Pertama, karena belum pernah, maka pemilih bisa saja belum sadar untuk apa memilih. Kenapa harus ke TPS pada 9 Desember mendatang.

"Makanya kita berikan sosialisasi ke pengurus OSIS dengan harapan bisa menjadi bagian yang bisa mengajak keluarga, tetangga, teman-temannya untuk menggunakan hak pilihnya,"katanya.

Kerentanan berikutnya, pemilih pemula rentan dimoblisasi tim kampanye, karena pemilih pemula belum mengetahui bagaimana memilih secara cerdas. Dengan adanya sosialisasi, pemilih pemula bisa lebih bijak untuk memutuskan siapa yang akan dipilihnya.


Reporter: Hilman Yusra
Editor: Gustav