HBA dan Zola Rebutan Partai Penguasa

Minggu, 05 April 2015 - 23:06:23


Dua kandidat (HBA dan Zumi Zola) terkuat Pilgub Jambi saat ini terus gencar sosialisasi ke masyarakat, pada foto terlihat baliho berukuran besar yang memuat gambar dua kandidat.
Dua kandidat (HBA dan Zumi Zola) terkuat Pilgub Jambi saat ini terus gencar sosialisasi ke masyarakat, pada foto terlihat baliho berukuran besar yang memuat gambar dua kandidat. /

Pengamat: Peran Parpol Penguasa Sangat Strategis

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI - Baik kandidat petahana Hasan Basri Agus (HBA) maupun Zumi Zola Zulkifli sepertinya akan berebut  mendapatkan dukungan dari partai politik penguasa yang akan menjadi partai politik pengusung pada  pemilihan gubernur yang akan digelar 9 Desember mendatang.

Diketahui partai politik penguasa saat ini adalah PDIP, partai besutan Megawati ini sangat berperan penting dalam mendudukan Joko Widodo menjadi Presiden RI pada pemilihan presiden lalu. Bersama Parpol lainnya yang tergabung kedalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yakni PKB, Hanura dan NasDem serta PPP di bawah kepemimpinan Romahurmuziy juga menyatakan bergabung ke KIH. Tentunya Parpol ini sangat mendominasi untuk mengisi posisi menteri pada pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla.

Artinya peran Parpol penguasa atau Parpol yang berada di pemerintahan akan sangat berperan penting bagi kepala daerah dalam menjalankan pemerintahannya di daerah, salah satunya mengenai bantuan anggaran untuk pembangunan suatu daerah dapat berjalan lancar.

Pengamat Politik LSI Wilayah Jambi, Edi Indrizal mengatakan sangat wajar bila masing-masing kandidat berlomba-lomba ingin mendapatkan dukungan dari Parpol penguasa, apakah itu PDIP, PKB, Hanura, NasDem maupun PPP.

Karena hal ini sangat beralasan dalam menjaga hubungan antara daerah dan pusat bisa sinkron dalam menjalankan roda pemerintahan kedepannya.

"Tentunya jika ini terjadi koalisi, kedepannya dalam bidang pembangunan akan lebih baik," sebutnya.

Dikatakan Edi, partai politik tidak harus selalu kompak KIH nya dalam dukungannya. Bisa saja salah satu kandidat mengambil PDIP dan satu lagi ambil PKB walaupun tidak terlalu besar, akan tetapi juga mempunyai peranan penting kedepannya, bisa saja persaingan itu terjadi, KIH tidak harus selalu kompak.

"Apalagi posisi NasDem saat ini juga sangat strategis di pusat, makanya Parpol penguasa saat ini jadi naik tawarnya" katanya.

Sementara itu, kandidat calon Gubernur Zumi Zola mengklaim sudah mendapatkan dukungan 20 persen. Adapun partai yang berpeluang memberikan dukungannya adalah PAN, PPP dan NasDem. Ketiga partai ini tinggal menunggu surat dari DPP.

“Dari sisi dukungan yang tinggal menunggu surat dari DPP yakni PPP, PAN dan NasDem. Itu kalau digabung sudah cukup 20 persen untuk mendaftar,” jelasnya saat ditemui kemarin.

Hanya saja, dirinya bukan hanya mencari dukungan perahu untuk syarat minimal saja. Ia berharap dukungan sebagian besar Parpol di Jambi.

“Karena membangun Jambi ini tidak bisa sendiri-sendiri. Tapi butuh kebersamaan,”jelasnya.

Soal rumor sebagian besar Parpol merapat ke HBA, Zola yakin tidak sepenuhnya benar. Karena dari penyampaian pandangan fraksi terkait LKPj di DPRD Provinsi Jambi hanya dua fraksi yang langsung menyatakan secara terbuka untuk mendukung HBA kembali sebagai Cagub.

“Kalau tidak salah ada 9 fraksi ya. Hanya 2 fraksi yang terbuka mencalonkan kembali,”ucapnya.

Makanya, saat ini ia pun gencar melobi partai lain.  “Saya memang bertemu Pak Hasto. Saya menanyakan soal dukungan PDIP. Katanya belum ada keputusan. Karena masih menunggu kongres,”ujarnya saat menggelar acara syukuran ulang tahunnya yang ke 35 bersama kalangan media, kemarin.

Ia mengatakan, dalam pertemuan itu, Hasto memastikan PDIP masih terbuka dengan semua calon. Proses penjaringan baru akan diseriusi pasca pelaksanaan kongres pertengahan Maret ini.  

“Jadi kita tentu berharap dukungan PDIP juga,”ujarnya.

Makanya, ia masih optimis bisa meraih dukungan PDIP. Makanya, ia akan tetap melakukan lobi untuk bisa mendapatkan perahu partai penguasa ini.

Bagaimana dengan partai lainnya? Zola yang merayakan ulang tahunnya ke 35  ini mengaku sudah menemui sejumlah pimpinan Parpol. Gerindra misalnya, ia sudah bertemu Hasyim yang merupakan Adik Prabowo Subianto.

“Saya pernah main beberapa film Pak Hasyim. Jadi beliau masih ingat dengan saya,”jelasnya.

Dari komunikasi ini, ia yakin juga bisa meraih dukungan Gerindra. Berikutnya, ia juga sudah bertemu dengan Ketua DPP PPP Romi dan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Terpisah, calon gubernur petahana Hasan Basri Agus (HBA) dipastikan sudah mendapat dukungan tiga partai politik untuk maju di Pilgub Jambi.

Tiga partai itu yakni Demokrat, PKS dan PKB. ‘’Sekarang yang sudah pasti partai mengusung saya, Demokrat, PKS dan PKB,’’ kata HBA dalam sebuah kesempatan.

Meski sudah memiliki syarat yang cukup untuk maju di Pilkada, namun HBA tetap melakukan penjajakan dengan sejumlah Parpol peraih kursi lainnya di DPRD Provinsi Jambi. ‘’Partai lain sedang dijajaki seperti Gerindra dan PDIP,’’  pungkasnya.

Diakui HBA hubungan dengan partai seperti Gerindra dan PDIP selama ini sudah terjalin sangat baik. Bahkan, komunikasi juga berlangsung lancar. Makanya, besar kemungkinan dukungan PDIP dan Gerindra bakal diraihnya. (zou)