Pilbup Batanghari Diprediksi Bakal Diikuti Tiga Pasang

Senin, 30 Maret 2015 - 22:12:33


/

Pengamat: Perahu Ali Redho Belum Jelas

RADARJAMBI.CO.ID, MUARABULIAN -Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Batanghari, pada Desember mendatang diprediksikan akan diikuti tiga pasang Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Bupati. Tiga Calon Bupati diantaranya, Ardian Faisal, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dispora Batanghari, Syahirsah, Anggota DPRD Provinsi Jambi dan Sinwan SH, Bupati Batanghari.

"Menurut analisis saya ada tiga orang yang mencalon diri sebagai cabup di Pilkada Batanghari nanti," kata Asep, seorang aktivis 98 dan juga pengamat politik di Batanghari, Senin (30/3).

Ia mempridiksi, seperti Ardian Faisal akan berpasangan dengan Camelia Puji Astuti, seorang pengusaha dan juga anak mantan Bupati Batanghari. Kemungkinan besar mereka akan diusung Demokrat dan PDI Perjuangan.

Untuk Syahirsah masih mencari wakil yang tepat karena popularitas dia bagus, Syahirsah cukup populer dan menempati peringkat pertama hasil pemira PKS, sehingga untuk perahu tidak ada kendala.

Sedangkan Sinwan SH, merupakan incumbent dalam pencalonan ini. Apalagi, Sinwan sudah dipastikan didukung Partai Amanat Nasional. Beberapa partai lainnya juga akan  merapat ke Sinwan.

"Kalau untuk Drs Ali Redho, yang saat ini masih menjabat sebagai Sekda Batanghari dan juga mencalonkan diri belum mempunyai perahu atau partai yang akan mengusung dia nanti," ujarnya.

Senada dikatakan, Abu Herman, warga Kecamatan Muarabulian juga sependapat dengan apa yang dikatakan Asep, bahwa diprediksi Cabup Batanghari bisa tiga dan juga bisa empat.

Ia menjelaskan, seperti Syahirsah, sedang mencari wakil yang tepat dan untuk dugaan modal Pilkada mungkin belum cukup. Kalau Sinwan juga begitu.

"Wakil akan menentukan siapa pasangan mereka, yang jelas Syahirsah masih ada basis dan juga pak Sinwan juga mempunyai basis karena dia juga seorang Incumbent," kata Abu Herman.

Sementara itu, Robet, yang dikabarkan orang dekat Sinwan mengatakan, bahwa untuk wakil Sinwan yang akan datang hingga saat ini belum bisa diketahui. "Sebaiknya memang beliau lah yang memutuskan, karena beliau yang akan menggunakan jasa Wakilnya nanti," cetusnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan koran ini sebelumnya, Sinwan akan menggandeng Ardian Faisal, Kadispora Batanghari untuk maju dalam Pilkada Desember mendatang.

Saat Sinwan dikonfirmasi usai menghadiri acara silaturrahmi dengan sejumlah wartawan media cetak, elektronik, LSM, Ormas dan OKP, di Muara Bulian, Kamis lalu, di rumah dinas Bupati, terkait calon pendampingnya, Sinwan masih malu-malu.

"Siapa saja boleh, tidak memandang siapa orangnya. Baik itu dari partai politik maupun orang yang luar partai politik," tutur Sinwan yang masih enggan menyebutkan siapa pendampingnya. (hmi)