Forum Pembaharuan Kebangsaan Wadah Mempersatukan Etnis

Kamis, 26 Maret 2015 - 12:48:59


Rapat pembentukan Forum Pembaharuan Kebangsaan di Kantor Camat Jambi Selatan.
Rapat pembentukan Forum Pembaharuan Kebangsaan di Kantor Camat Jambi Selatan. /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI SELATAN -Kemarin, (25/3) Camat Jambi Selatan, Hj Mursida, mengumpulkan semua elemen dari berbagai suku dan etnis, perwakilan dari sembilan kelurahan yang ada di Kecamatan Jambi Selatan. 

Menindak lanjuti surat keputusan Walikota Jambi nomor 41 tahun 2015, mengenai penunjukan dewan pembinaan forum pembaharuan kebangsaan tingkat kecamatan se-Kota Jambi.

Hj Mursida, mengatakan adanya pelantikan Forum Pembaharuan kebangsaaan (FPK) pada tanggal 26 Maret 2015 (hari ini, red), mengundang para perwakilan suku, dalam upaya untuk bagaimana kedepannya dengan pembentukan tim tersebut, serta tata kerja yang akan dilaksanakan.

Forum Pembaharuan Kebangsaan (FPK), dalam upaya mengantisipasi terjadinya potensi konflik vertikal maupun horizontal yang disebabkan oleh ras, suku, budaya dan agama.

“Untuk menjaga dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa serta tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, Alhamdulillah di Kecamatam Jambi Selatan rasa persatuannya sudah sangat kuat,” ucap Mursida.

Hj Mursida mengatakan, FPK tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, menghargai, menghormati dan mempercayai antar anggota masyarakat dari berbagai suku, ras dan etnis. Sehingga ketentraman dan ketertiban akan terjaga. FPK yang merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar warga. Mursida menyarankan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembaharuan kebangsaan guna menerima kemajemukan oleh masyarakat dalam wadah NKRI.

"Khususnya di Kecamatan Jambi Selatan, dengan adanya Forum ini, dalam hal membangun Kota Jambi, tidak ada perbedaan diantara suku, atau etnis. Kecamatan Jambi Selatan yang memiliki berbagai etnis, kami sangat menyambut baik sebagai wadah untuk mempersatukan etnis yang ada," tambahnya.(cr9)